http://www.atm303.com/

5 Kawasan di Indonesia Yang Dilanda Salju Pada Musim Kemarau 2018

Musim kemarau tahun 2018 ini dibuka dengan suhu dingin di berbagai daerah saat pagi hari. Kamu yang berada di Bandung, Jogja atau Malang pasti ngerasain ‘kan kalau pagi kerasa dingin banget dan males buat beraktivitas. Iklim yang cukup bikin kaget ini nggak cuma kamu rasain sendiri kok. Ada daerah-daerah di ketinggian yang lebih ekstrem, yakni kena embun es atau upas.

Mungkin awal bulan ini kamu sudah tahu kalau Dieng sedang dilanda embun upas yang berbahaya untuk pertanian petani. Dinginnya sampai menembus 2 derajat kala itu. Maka tak heran kalau ladang dan rerumputan menjadi putih berselimut embun es.
Bagi yang datang ke Dieng saat Dieng Culture Festival 2018, 3-5 Agustus lalu, pasti belum move on sampai sekarang. Betapa tidak, foto-foto di linimasa Instagram dan IG Stories masih seputaran foto-foto DCF. Kapan dong bisa move on kalau begini terus? Padahal kerjaan di kantor banyak ‘kan? Hehehe.

Nah, biar kamu makin gagal move on, yang ikutan kedinginan di suhu minus 4 derajat pas DCF kemarin bakal kasih potret dinginnya Dieng saat itu. Sampai memutih lho sawah dan ladang di Dieng pada tanggal 4 Agustus pagi. Mau tahu potret Dieng yang memutih seperti apa?

Dikutip atm303, Ternyata ada beberapa lokasi lain yang mendapat embun es di tahun ini, nggak cuma Dieng aja. Yuk simak 5 destinasi yang dilanda embun es di tahun 2018 ini.

Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara selalu jadi langganan embun es ketika musim kemarau tiba. Setelah viral awal bulan lalu, pagi ini embun upas kembali memutihkan Dieng. Wajar saja, suhu Dieng minus 5 pagi tadi

Jika awal bulan suhu di Dieng paling rendah di angka 2 derajat Celcius, pagi tadi suhu mencapai minus 5 derajat Celcius. Maka tak heran jika suasana pagi Dieng serasa di Eropa. Seluruh permukaan tanah diselimuti salju tipis. Beuh dingin banget sih itu.

Ranu Kumbolo juga sering mendapatkan embun es ketika musim kemarau tiba. Tak jarang tenda pendaki mendapatkan lapisan putih es di pagi hari
Ranu Kumbolo turun salju pada tanggal 11 Mei 2018. Potret putihnya tenda pendaki akibat es diunggah oleh Rahmat Widodo pada Senin (14/5/2018). Rahmat menginformasikan saat ia mendaki dan beristirahat di Ranu Kumbolo, suhu sempat turun sampai minus 5 derajat celsius

Di jalur pendakian ke puncak Semeru pun ditemukan beberapa lapisan es. Fenomena yang tidak biasa ini tentu mengejutkan para pendaki ke puncak Mahameru
Bertepatan dengan embun es Dieng, di Kertajati dan di Pangalengan Bandung juga mengalami nasib yang sama. Ada embun es di dedaunan

Berada di ketinggian 2000 meter, daerah Kertajati dan Pangalengan di Kabupaten Bandung memang terkenal cukup dingin. Tapi kejadian embun es di dedaunan pada tanggal 6 Juli lalu sempat bikin heboh masyarakat karena hal tersebut jarang terjadi.

Gunung Gede pun nggak mau ketinggalan. Pada tanggal 5 Juli lalu muncul foto embun es di rerumputan alun-alun Suryakencana. Wah hati-hati yang mau mendaki
Embun es di alun-alun Suryakencana memberi sinyal bahwa suhu di gunung tersebut sangat dingin, setidaknya di bawah 0 derajat. Hal ini tentu harus jadi perhatian bagi para pendaki agar berhati-hati dan lebih mempersiapkan perlengkapan dengan baik karena suhu cukup esktrem.

Sepertinya fenomena embun es akan sering terjadi di musim kemarau kali ini. Buat kamu yang pengen melihat es, segera agendakan liburan ke tempat-tempat di atas. Yakin kuat?

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *